Jumat, 14 November 2008 | By: Informasi Umum

MATERI BAHASA DAERAH

Muatan Lokal Bahasa Daerah

Pembelajaran bahasa diarahkan agar siswa mampu mengungkapkan dan memahami pesan dan menegosiasikan makna secara interpersonal di dalam konteks tertentu. Untuk mencapai kompetensi tersebut, kompetensi yang dibangun dalam diri siswa adalah kompetensi gramatikal, kewacanaan, sosiolinguistik, dan kompetensi strategi. Dalam hal Standar Isi mata pelajaran Bahasa Daerah, arah pembelajaran masih belum memberikan ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan kompetensi siswa yang mampu mengakomodasi bahasa daerah siswa yang kontekstual dan fungsional. Sehingga, pembelajaran bahasa daerah belum mampu mendorong siswa berbahasa sesuai dengan kenyataan bahasa yang dipakai di lingkungan siswa.

Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur telah mengadakan workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran dalam rangka Pemanfaatan Block Grant Widyakrama. Salah satu kegiatan workshop tersebut adalah workshop guru Bahasa Daerah Jawa Timur tentang nMuatan Lokal Bahasa Daerah. Workshop ini berfokus pada kegiatan review Standar Isi Muatan Lokal mata pelajaran Bahasa Daerah. Dari kegiatan ini dihasilkan standar isi yang memberi peluang bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Daerah secara fungsional dan komunikatif. Workshop ini diikuti oleh guru mata pelajaran Bahasa Daerah di Jawa Timur. Jumlah peserta 40 orang yang umumnya adalah ketua MGMP mata pelajaran Bahasa Daerah di Jawa Timur. Workshop dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 24-25 Oktober 2008 di Asrama Haji Surabaya.

Berikut ini disajikan hasil workshop tersebut. Diharapkan, semua pembaca Standar Isi ini memberikan sumbang saran sehingga dapat mengakomodasikan berbagai aspirasi pemerhati pembelajaran bahasa dan sastra Daerah di Jawa Timur.

Unang HP
Konsultan dan Tim Teknis
PPM SMP Jawa Timur
Dinas P dan K Prov Jawa Timur

Materi Bahasa Daerah bisa baca dan download disini :

Ingin baca silakan klik dibawah ini
1. Pengantar
2. Pendahuluan
3. Kompetensi Dasar Bahasa Daerah

Ingin download Klik dibawah ini
1. Pengantar
2. Pendahuluan
3. Kompetensi Dasar Bahasa Daerah

0 komentar: